Selasa, 26 Januari 2010

Kata Pengantar

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته.
Assalamu ‘alaikum wa rohmatullahi wa barokatuh.
اشهد ان لا اله الا الله و اشهد ان محمدا رسول الله.
Asyhadu alla Ilaha illallah wa asyhadu anna Muhammadarrosulullah.
اللهم صل على محمد وعلى ال محمد.
Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.
Dengan rahmat Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang akhirnya terselesaikan kami juga menulis buku kecil ini, untuk kenangan bagi anak, cucu dan cicit kami di kemudian hari.
Isi buku ini terdiri dua bagian, yakni BAB I dan BAB II.
BAB I kami sebut ”Orang-Orang Tercinta,” sedang BAB II kami namai ”Kisah Agama Islam.” Ke dua BAB tersebut ditulis dalam bentuk puisi (sanjak).
BAB I kami beri nama ”Orang-Orang Tercinta” karena mereka merupakan orang-orang yang kami cintai disebabkan pernah menopang hidup dan kehidupan kami baik hidup di dunia mau pun hidup untuk akhirat.
BAB II kami tulis dalam kelompok ”Kisah Agama Islam” karena pada umumnya yang dimuat di dalamnya merupakan kisah agama yang terdapat dalam Islam.
Sebahagian BAB I dan sebahagian BAB II merupakan hasil karya kami baik dilihat dari bentuk mau pun isi.
Hasil karya kami sebahagian lagi yang terdapat pada BAB I dan sebahagian besar BAB II adalah merobah bentuk aslinya dari prosa menjadi puisi.

Di dalam mengobah bentuk ini kami usahakan dengan sangat hati-hati supaya tidak terjadi perobahan arti dasar.
Kami tulis buku ini dalam bentuk puisi (sanjak) agar lebih menarik dan tidak membosankan sehingga dengan mudah dapat dipahami para pembaca.
Buku ini kami beri nama ”Nasihat Untuk Anak Cucu” (dibeberkan Dalam Bentuk Puisi). Buku ini sangat baik dijadikan bacaan orang mukmin karena merupakan nasihat bagi mereka yang mau berfikir supaya tidak sempat terjerumus ke dalam jurang malapetaka yang tidak diingini.
Kami yakin uraian dalam buku yang tiada sepertinya ini masih jauh daripada sempurna. Karena itu kritik sehat yang bersifat membangun dan saran para pembaca senantiasa kami harapkan demi kesempurnaan buku ini.
Kepada Allah kami mohon ampun, kepada para pembaca minta ma‘af sekiranya penyajian dalam buku ini belum dapat memberi kepuasan.
Akhirnya tiada lupa kami mengucapkan : ”Wa billahi taufiq wal hidayah, assalamu‘alaikum wa rohmatullahi wa barokatuh.”

Medan, 1 Januari 2010 M
15 Muharram 1431 H

H.M. Ma‘shum Hasibuan, B.A.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar